Jumat, 31 Desember 2010

PERAN OPERATOR DALAM MEMAJUKAN PENDIDIKAN DAN PEREKONOMIAN DI DAERAH PINGGIRAN KOTA DAN PEDALAMAN Maju untuk seterusnya, bak slogan yang selalu mengiringi perkembangan teknologi tak terkecuali bidang komunikasi. Di sinilah pelayan operator harus menggoyangkan aksinya dalam tiap perubahan di Tanah Air dalam memajukan pendidikan dan perokonomian di daerah pinggiran kota dan pedalaman. Kita tahu sebagaimana manusia, sangat membutuhkan komunikasi bahkan untuk bertahan hidup. Perkembangan layanan jasa komunikasi dan penggunaan yang tepat mengarahkan tiap orang ke perubahan yang lebih baik dalam hidupnya, sebuah negara akan terpuruk atau memiliki mobilitas atau pergerakan yang lemah dan lambat bila tidak di dukung semua kalangan masyarakat sebagai warga negara untuk berkerjasama membangun jalinan komunikasi yang baik dalam menjalankan atau menghadapi pergaulan dengan dunia internasional yang semakin maju dan kompleks. Hadirnya peran operator seluler adalah termasuk kunci utama dalam memajukan segala ospek pembangunan memberantas 5K (kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, kesehatan yang buruk, keterpurukan) . Negara Indonesia adalah negara luas dan mungkin salah satu Negara yang sistem koordinasinya untuk pemerataan komunikasi masih dirasa kurang jelas dengan dukungan operator, hal seperti ini dapat diminimalisir atau bahkan dihilangkan dengan bantuan segala aspek masyarakat. Manfaat besar bagi masyarakat pedalaman juga pinggiran kota dalam bidang pendidikan dan perekonomian dapat dirasakan. Oleh sebab itu penulis ingin memaparkan langkah awal pembangunan dengan metode terperinci. Sebagai contoh kasus yang dapat dijadikan bahan ini diambil dari Provinsi Papua Nugini, di daerah pedalamannya disana ada sebuah sekolah informal yang di bangun dari sumbangan relawan kota, untuk murid SD disana bisa sampai berumur 17 tahun (Wawan H. Purnomo, 2010:200). Keluhan yang mereka sering hadapi adalah kurangnya komunikasi dengan koordinasi masyarakat kota. Operator dalam keterbukaannya untuk membangun negeri kita dapat membantu dengan menurunkan harga untuk berkomunikasi sesama perdana atau dengan cara menggratiskannya dengan syarat tertentu. Buat kontribusi besar dari dunia maya atau cyber, seperti bentuk bakti sosial yang pengadaannya berkelanjutan dan jelas arahnya. Publikasikan ke seluruh warga negara bahkan secara internasional akan tampak bahwa operator seluler peduli dengan perubahan lebih baik di Indonesia, dengan begitu secara otomatis operator akan menjadi sorotan utama di setiap waktunya bagi semua kalangan, juga donatur yang ingin merubah negeri kita ini dan dikenal sebagai operator pembangun yang bukan hanya mencari untung dengan menurunkan harga supaya tidak disaingi operator lain. Buat sebuah web yang dikelola dengan operator yang bertujuan dengan pembangunan masyarakat pedalaman, di web ini berisi donasi sumbangan buku, penyalur tenaga kerja siap pakai atau relawan untuk mengajar. Buka pandangan secara luas, liput segala kegiatan secara menyeluruh dan detail , tampilkan gambarnya, atau bila dirasa perlu buat kerjasama dengan sebuah kelembagaan yang dapat membangun bersama komitmen tersebut. Ajari mereka berusaha di dunia maya, buka langkah maju dengan membuat handphone modem yang hanya bisa dipakai oleh XL, beri mereka secara cuma-Cuma. Dukung dengan pengajar terlatih untuk mengajari mereka. Berikan sumbangan buku, info tenaga relawan atau bekerja sama dengan lembaga. Buka wawasan pandangan anak-anak di dearah tersebut dengan dunia luas atau internasional.Murahkan layanan online yang dirasa tak satupun operator lain yang dapat menyamainya. Bila perlu murah dari internet. Dukung anak bangsa yang dididik tersebut, bahkan kalau mungkin ikut sertakan dalam lomba internasional. Dukung mereka dengan mensponsorinya. Kuasai pasar dari seluruh pedalaman dengan memberi bantuan tenaga terampil misalnya untuk mengajari bercocok tanam beri mereka hp perdana khusus XL secara cuma-cuma. Hasil dari usaha mereka bisa di pasarkan ke seluruh daerah Indonesia atau lebih (secara internasional) melalui website XL sebagai transaksi pembelian.Buat sebuah perdagangan dengan semua kalangan masyarakat pedalaman dengan memasukkan nomor XL-nya, mereka dapat berkomunikasi dengan calon pembeli barang mereka. Buka galeri XL atau stand-stand di pedalaman untuk pembelian pulsa atau voucher Secara berkala, bahkan lebih cepat perubahan terjadi bila dikoordinasi dengan baik, karena secara umpan balik ini akan menguntungkan pihak operator, ekonomi mereka tumbuh dan mereka selalu menggunakan operator ini. Dunia ekonomi dan pendidikan tidak akan lepas dari komunikasi dan hal itu menjadi keterkaitan satu sama lain. Bahkan bukan hanya untuk masyarakat pedalaman, kalangan masyarakat di daerah pinggiran pun akan merasakan dampak nyata. Hasil akan terasa berkesinambungan dan nyata apabila ada kemurahan dan kenyamanan dari operator seluler yang diberikan, yang dalam arti untuk pembangunan negara ke arah yang lebih baik. Semakin majunya manusia mereka akan sangat membutuhkan komunikasi. Berikan konten seru dalam telepon genggam atau perdana yang berbeda dari yang lain, yang membuat konsumen bahkan daerah pinggiran pun membutuhkan. Seperti: kumpulan berita lowongan kerja, hal- hal yang berhubungan dengan keagamaan, acara teraktual di negara ini, peristiwa terkini, kumpulan beasiswa, dan lainnya. Ajari konsumen dengan membangun hal yang dari terkecil dan konsisten. Bekerja sama dengan pabrik-pabrik menengah-ke bawah yang rata-rata seluruh pegawai atau buruhnya lebih cenderung adalah masyarakat pinggiran. Buat telepon genggam khusus XL, beri mereka secara cuma-cuma, atau dengan syarat tertentu. Pemisalan, telepon genggam akan diberikan tanpa dipungut bayaran asalkan membayar pulsanya dengan nominal tertentu. Telepon genggam tersebut sebagai pegangan absensi dalam pabrik tersebut. Buat sebuah ketergantungan yang menyebabkan bahwa telepon genggam tersebut memberikan fungsi banyak dalam aktivasinya. Dampak ke perusahaannya pun akan berguna Sebab bila diamati perkembangan persaingan antar operator telepon selular adalah hanya bentuk persaingan yang berkisar antar persoalan bagaimana dapat menyaingi operator lain dengan penurunan harga untuk telepon atau sms. Ini bisa menjadi perkembangan yang terasa statis, tapi bila diiringi dengan keterbukaan operator untuk membangun tiap kalangan akan terlihat seperti pioner yang ingin mengarahkan masyarakat untuk maju. Hanya cara ini memerlukan kesatuan yang solid antar bentuk elemen pendukungnya dengan keterbukaan untuk menghasilkan manfaat lebih disertai koordinasi tersistem, dan berkesinambungan. Pengarahan yang tepat pada target dengan metode-metode terorganisasi dapat memotivasi penduduk untuk lebih menyenangi kemudahan dalam berfasilitas dan menghasilkan hal yang optimal.

0 komentar:

Posting Komentar