Senin, 07 Maret 2011

HUBUNGAN ANTARA VARIABEL DALAM FUNGSI PERMINTAAN

HUBUNGAN ANTARA VARIABEL DALAM FUNGSI PERMINTAAN


Contoh soal:
Saya membeli sepatu yang saya suka, mereknya yongki komaladi. Saya menyukai barang tersebut karena :
1) mereknya sudah terpercaya
2) harganya tidak terlalu mahal
3) saya kurang percaya kualitas merek lain
4) sepatu yongki adalah handmade shoes
5) buatan dalam negeri
6) kulitnya baik
7) mudah mendapatkan sepatu itu di toko – toko terbaik
8) sepatunya tahan lama
9) gayanya selalu tidak ketinggalan

Faktor – faktor di atas mempengaruhi cara berpikir dan menjadi dampak dalam
Sisi permintaan (demand analysis); kualitas barang yang mampu di beli konsumen pada periode pada kondisi tertentu.

Qdx = F(Px, I, Pr, Pe, Ie,Pae, T, N, A, F, O)

Nama Varibel Simbol Hubungan Slope Keterangan
- Harga produk P Negatif - Hasil minus karena tidak mempengaruhi permintaan
- Pendapatan konsumen I Negatif untuk prodak inferior - Inferior adalah barang bermutu rendah , maka permintaan akan barang ini akan menurun
- Harga produk lain/ pengharapan
Pr - Positif untuk subtitusi
- Negatif untuk komplemen +

- +Ketersedian barang pengganti yang mutu nya sama bagus akan berdampak barang ini diminati,
- Ketersedian barang pelengkap tidak akan mempengaruhi kepuasan konsumen .jadi barang komplemen tidak di butuhkan
- Ekspektasi harga produk di masa mendatang
Pe positif + Bila harga di masa mendatang telah di ramalkan akan naik , maka positif/ pasti orang akan membeli barang tersebut saat ini
- Ekspektasi pendapatan konsumen di masa mendatang Ie positif + Bila telah di ramalkan pendapatan orang tersebut akan naik maka positif/ pasti ia merencanakan barang apa saja yang bisa ia beli
- Espektasi ketersediaan produk di masa mendatang Pae Negatif - Kelangkaan barang tidak akan mempengaruhi selera orang untuk membeli sesuatu
- Selera konsumen T positif + Selera mempengaruhi kenaikan permintaan akan barang, bila kualitasnya baik maka positif/pasti orang itu akan membelinya
- Banyak konsumeri N positif + Tuntutan seseorang dalam hidup mempengaruhi pola pikir dalam mencapai kebutuhannya
- Iklan A positif + Promosi barang akan mempengaruhi minat untuk membeli barang itu
- features F positif + Ragam/ keunikan yang barang itu bisa tampilkan , memberi kepuasan konsumen


Nama : Putri Kendaliman
NPM : 35410453
Kelas :Id03
Blog : blessingmefull.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar